7 Langkah Untuk Merawat Mobil Putih Agar Selalu Tetap Mengkilap

7 Langkah Untuk Merawat Mobil Putih Agar Selalu Tetap Mengkilap

Saat ini warna putih menjadi warna yang sangat difavoritkan sebuah mobil. Bukan tanpa alasan, mobil warna putih terlihat lebih mentereng dan elegan jika disejajarkan dengan mobil berwarna gelap. Tampilan putih yang membalut eksterior mobil menghadirkan kesan elegan dan cemerlang bagi setiap pasang mata yang memandangnya.

Di balik itu semua, ada konsekuensi yang harus ditanggung bagi pemilik mobil berwarna putih.  Mereka harus menerima kenyataan bahwa merawat mobil putih berbeda dengan warna mobil lainnya. Perawatan mobil putih membutuhkan perhatian khusus agar warna mobil tetap kinclong dan tidak terlihat kusam. Apa saja sih perawatannya ? Mari simak tips merawat mobil putih di bawah ini.

1.      Kurangi menjemur mobil putih di bawah terik matahari langsung

Saat ini, untuk mendapatkan lokasi parkir yang teduh dimanapun Teman DFSK bepergian memang sulit. Terkadang kita harus berebut dengan orang lain. Jika menghadapi masalah seperti ini, guna merawat mobil putih tetap terjaga dari sinar UV, carilah parkir yang tidak terpapar sinar matahari langsung seperti di bawah pohon rindang. Walaupun matahari tembus melewati celah dedaunan, yang terpenting adalah sinar matahari tidak menyorot langsung ke mobil.

Selain itu, jika dirumah Teman DFSK tidak ada garasi di dalam rumah atau pohon rindang, Teman DFSK diperbolehkan untuk menutup mobil dengan penutup mobil yang sudah dilengkapi dengan penangkal sinar UV. Tetapi, Teman DFSK harus pastikan untuk tidak malas menutup kain mobil ketika mobil tidak digunakan dan melepasnya kembali saat akan digunakan.

2.      Hindari mencuci mobil putih di bawah sinar matahari

Tidak hanya mobil warna putih saja, tetapi poin ini berlaku untuk seluruh warna dan jenis mobil. Pada umumnya, masyarakat lebih senang mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung ketimbang di garasi atau tempat yang tertutup. Dengan harapan mobil lebih cepat kering karena bantuan sinar matahari. Padahal hal tersebut salah lho Teman DFSK.

Mencuci mobil di bawah sinar matahari justru akan mempercepat perubahan warna cat mobil dan bisa membuat pudar. Mengapa demikian? Ketika Teman DFSK mencuci mobil menggunakan shampo khusus mobil, pasti tidak langsung dibilas bukan. Nah, rentang waktu dari membersihkan bodi dengan shampo hingga membilas dapat membuat shampo mengering dengan cepat jika mencuci mobil di terik sinar matahari dan bisa menyebabkan jamur. Solusi terbaiknya adalah melakukan pencucian mobil di tempat yang teduh. Kecuali kamu mencucinya hanya menggunakan air saja tanpa sabun atau sampo, tidak menjadi masalah.

3.      Gunakan teknik mencuci mobil putih yang benar

Rentang waktu antara pengaplikasian sabun atau sampo mobil dengan waktu membilas sangat penting dalam mencuci mobil. Jika Teman DFSK telat dalam membilas sisa sabun dapat mempercepat proses pengeringan bagian tertentu mobil yang masih berbusa. Oleh karena itu, ada baiknya apabila Teman DFSK membilas terlebih dahulu bagian yang sudah terkena sabun sebelum pindah untuk membersihkan bagian lain mobil. Tujuannya, agar tidak ada sisa busa atau sabun yang menempel serta mengering di bodi mobil, sehingga cat mobil tidak rusak.

4.      Gunakan sabun dan shampoo khusus

Nah, cara merawat mobil putih dan warna mobil lainnya adalah penggunaan shampo atau sabun ketika mencuci mobil. Jangan pernah menggunakan sabun yang tidak direkomendasikan untuk mencuci mobil seperti, sabun cuci baju, sabun colek dan sabun lainnya. Penggunaan sabun yang tidak sesuai dengan fungsinya akan cepat merusak cat mobil. Sangat disarankan untuk menggunakan sabun dan juga sampo khusus yang memang dibuat serta diperuntukkan untuk mencuci mobil. Dengan begitu cat mobil akan terjaga kebersihannya dan warna bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

5.      Gunakan teknik membilas yang benar

Proses pembilasan ketika mencuci mobil adalah salah satu cara merawat mobil putih dan mobil warna lainnya. Tujuannya adalah menghindari timbul bercak-bercak bekas sabun atau shampo ketika mencuci mobil. Cara yang tepat adalah membilas secara satu arah, dimana seluruh permukaan bodi dibilas secara berkala dari atas ke bawah. Selain itu jika menerapkan pembilasan dari atas ke bawah akan menghindari kotoran nyangkut pada bagian celah mobil yang nantinya akan mempersulit diri kamu sendiri.

6.      Gunakan kain lap dengan daya serap yang baik

Penggunaan kain lap dengan daya serap yang baik akan membantu mempercepat pengeringan mobil warna putih yang Teman DFSK miliki setelah selesai pencucian. Perbedaan mendasar pengeringan menggunakan lap dan pengeringan langsung dengan memanfaatkan sinar matahari. Penggunaan kain lap tidak akan meninggalkan bercak air yang mengering, sedangkan penggunaan sinar matahari akan meninggalkan bercak air yang mengering.

7.      Lakukan pemolesan

Mencuci mobil sebenarnya tak cukup untuk mempertahankan mobil warna putih tetap bersih dan berkilau. Teman DFSK harus rutin melakukan pemolesan sehingga mobil mampu berkilau seperti baru. Pemolesan juga akan menghilangkan jamur yang menempel, yang mana mampu mencegah cat mengelupas.

Nah itulah beberapa cara untuk menjaga dan merawat mobil warna putih selalu kinclong dan tampak seperti baru. Dengan kondisi pandemi seperti sekarang, tips di atas bisa Teman DFSK lakukan dirumah tetapi lakukan dengan telaten ya. Jangan setengah-setengah karena hasilnya akan tidak optimal.

Share :

Related Article