Wajib Tahu, Pentingnya Sedia APAR di Kendaraan Pribadimu

Wajib Tahu, Pentingnya Sedia APAR di Kendaraan Pribadimu

Seiring dengan maraknya berita mengenai kendaraan yang terbakar, maka sangat penting bagi pengendara untuk melakukan tindakan pencegahan. Terutama untuk kendaraan yang digunakan dengan mobilitas yang tinggi dan untuk pengendara yang tidak selalu merawat kendaraan secara rutin.


Adapun penyebab lain yang berisiko menyebabkan terjadinya kebakaran salah satunya yaitu, pengguna kendaraan yang memodifikasi sistem kelistrikan. Melakukan modifikasi pada sistem audio maupun lampu-lampu kendaraan biasanya dapat menyebabkan terjadinya korsleting pada kelistrikan, terutama dalam proses pemasangannya yang kurang baik. 


APAR atau yang lebih dikenal dengan Alat Pemadam Api Ringan sangat dianjurkan pada kendaraan, agar meminimalisir terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik maupun mesin overheating. Tentu menyediakan APAR dalam kendaraan bisa menjadi penyelamat agar kebakaran yang terjadi tidak semakin besar atau bahkan lebih parahnya lagi, kendaraan bisa hangus dilalap oleh si jago merah tersebut.


Pemerintah Indonesia pun sangat memperhatikan kondisi keselamatan berkendara yang tertuang dalam “Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP 927/ A 502/ DRJD/ 2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.” 


Dalam situasi dan kondisi yang darurat, penyimpanan APAR wajib selalu diperhatikan agar saat situasi kebakaran tidak dapat dihindari, pengemudi pun bisa segera menjangkau dan api dapat cepat dipadamkan. 


Bagaimana Cara Penyimpanan APAR yang Baik dan Benar? 

Penempatan APAR harus disesuaikan dengan faktor kemudahan dalam menjangkau. Lebih idealnya lagi jika ditempatkan di bawah jok bagian depan atau dapat pula disimpan di bagian bagasi belakang.

    

Apakah APAR yang Di Gedung Bisa Dipakai untuk Kendaraan?

APAR yang baik adalah APAR yang penggunaannya memang dikhususkan untuk kendaraan, yaitu yang memiliki dimensi tidak terlalu besar, serta mudah disimpan. Selain itu, jenis APAR yang dibutuhkan di kendaraan pribadimu adalah yang berbahan dry powder, sehingga dapat dengan mudah memadamkan kebakaran seperti benda padat, benda cair, juga listrik. Hindari juga memilih APAR berjenis kaleng karena komposisinya yang menggunakan gas bertekanan tinggi dan dapat mudah meledak ketika suhu panas meningkat. Selain itu, kamu juga disarankan untuk memilih APAR yang sudah bersertifikat SNI dan Internasional.


Nah, Teman DFSK, untuk mencegah terjadinya berbagai masalah yang mungkin saja dapat terjadi di jalan, pastikan kamu selalu rutin melakukan servis kendaraan secara berkala dengan membawa ke bengkel resmi DFSK terdekat di kotamu dan segera kunjungi website  www.dfskmotors.co.id/  untuk dapatkan informasi tentang berbagai promo menarik lainnya!

 
Share :

Related Article