Apa yang Harus Dilakukan saat Mengalami Pecah Ban di Jalan? Simak Cara Mengatasinya!

Apa yang Harus Dilakukan saat Mengalami Pecah Ban di Jalan? Simak Cara Mengatasinya!

Mengalami pecah ban di jalan memang menjadi kejadian yang tak terduga dan bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Pecah ban yang terjadi secara tiba-tiba bisa sangat membahayakan keselamatan berkendara, juga pengguna kendaraan lainnya. Oleh karena itulah, masalah pecah ban di jalan ini masih menjadi momok menyeramkan bagi pengemudi.


Pecah ban di jalan bisa berlangsung dengan sangat cepat bahkan saat mobil sedang melaju di kecepatan tinggi sekalipun. Guncangan hebat yang diakibatkan oleh pecah ban ini dapat membahayakan pengemudi, karena menimbulkan rasa panik dan hilangnya konsentrasi. 


Biasanya, ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya pecah ban, seperti kurangnya tekanan udara, kondisi jalan, juga akibat benda tajam. Lalu, apa saja yang perlu kita lakukan saat mengalami pecah ban di jalan?


Simak tips untuk mengatasinya:


  1. Bersikap Tenang

Usahakan jangan panik. Memang tidak mudah, namun hal ini sangat menentukan keselamatan diri sendiri.


  1. Hidupkan Lampu Hazard

Hal ini dilakukan untuk memberitahu kendaraan lain agar waspada dan menjaga jarak.


  1. Mengurangi Kecepatan

Hal lain yang dapat diantisipasi adalah dengan berusaha mengurangi kecepatan kendaraan. Selain melepas pijakan pedal gas dan menginjak rem secara perlahan untuk kendaraan transmisi manual, Engine Brake juga dapat membantu mengurangi kecepatan kendaraan. 


  1. Counter Steering 

Langkah lain yang perlu pengemudi ketahui adalah counter steering. Ketika pecah ban terjadi, kendaraan akan mengalami ketidakseimbangan, nah dengan counter steering atau melakukan putar kemudi ke arah berlawanan, akan memungkinkan kendaraan dapat terkendali dan laju kendaraan pun menjadi lebih stabil.


Tentu, cara mudah untuk mengurangi terjadinya risiko pecah ban, dengan melakukan perawatan ban kendaraan secara berkala. 


Nah, bagi Teman DFSK yang mau mencari Informasi dan mendapatkan berbagai promo menarik, bisa kunjungi website www.dfskmotors.co.id/.

 
Share :