Cari Tahu Apa Saja Ciri dari Kampas Kopling yang Harus Segera Diganti

Cari Tahu Apa Saja Ciri dari Kampas Kopling yang Harus Segera Diganti

Hilangnya akselerasi ketika berkendara, tentu akan membuat Teman DFSK merasa kesal terlebih part tersebut komponen penting dalam penyaluran tenaga. Jika tidak diganti, maka akan merusak part-part lainnya, atau bahkan dapat menyebabkan akselerasi kendaraan menjadi menurun dan hilangnya tenaga. Maka dari itu, kita perlu mengetahui ciri-ciri jika akselerasi kendaraan menurun drastis.   


Bagi pengguna kendaraan, banyak sekali komponen yang perlu diperhatikan dengan baik, termasuk kampas kopling yang rentan mengalami kerusakan. Komponen part kendaraan tersebut seringkali bermasalah, namun kurang diperhatikan oleh pemilik kendaraan.


Kampas Kopling sebenarnya akan bertahan lama jika dalam penggunaan dan perawatannya dilakukan secara disiplin. Lalu, bagaimana kalau kampas kopling tersebut mengalami kerusakan? Tentunya Teman DFSK harus segera memperbaiki atau mengganti part tersebut. Untuk bisa mengenali beberapa kerusakan pada kampas kopling, ada beberapa ciri dan tanda yang perlu kamu perhatikan.


Berikut ciri-ciri dari kampas kopling yang sudah perlu diganti:


1. Posisi Pedal Kopling Naik

Jika Teman DFSK memiliki kendaraan bertransmisi manual, hal ini bisa terlihat atau terdeteksi dari bagian pedal koplingnya. Ketika kampas kopling sudah habis atau aus, maka posisi pedal kopling akan tampak lebih tinggi dan hal ini akan membuat jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek..


2. Akselerasi Mesin Menurun

Ciri lain yang bisa dirasakan dengan mudah yaitu akselerasi kendaraan yang semakin menurun. Ketika kampas kopling mulai menurun, maka tenaga yang dihasilkan dari rotasi mesin tidak akan tersalurkan dengan sempurna pada transmisi. Pada saat menginjak bagian pedal gas kendaraan, maka kecepatan mesinnya tidak akan bertambah dan mesin akan mengeluarkan suara yang meraung.


3. Muncul Bau Hangus

Tidak hanya bisa dirasakan dan dilihat, namun tanda kampas kopling yang habis juga bisa dideteksi dengan indera penciuman. Kampas kopling yang terbakar akan menimbulkan bau hangus yang menguat sampai ke bagian dalam kabin kendaraan.


4. Mesin Cepat Panas

Kampas kopling yang sudah habis biasanya juga akan mempengaruhi temperatur mesin kendaraan dan hal ini menjadi pertanda bahwa kampas kopling kendaraan sudah habis. Jika mesin cepat panas, maka Teman DFSK bisa segera mengganti kampas kopling.


5. Perpindahan Transmisi yang Lebih Berat

Ketika kendaraan Teman DFSK mengalami perpindahan persneling yang terasa berat, maka hal ini menjadi pertanda bahwa kampas kopling mengalami kerusakan. Biasanya tuas persneling akan menjadi kaku dan keras. Dalam kondisi yang normal, maka perpindahan persneling bisa dilakukan dengan mudah.


Untuk mengetahui kondisi kopling masih baik, ada satu hal yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kopling adalah dengan berkendara melalui jalan menanjak. Disinilah kopling kendaraan yang masih sehat diuji dengan baik. Kendaraan yang koplingnya masih baik akan bisa melahap tanjakan dengan aman. Selain itu, kendaraan yang bisa menanjak dengan mudah menunjukkan kondisi mesin yang sehat juga.


Cara di atas Teman DFSK bisa gunakan untuk mengetahui kondisi kopling yang masih baik atau sedang mengalami kerusakan. Terlebih kampas kopling sangat krusial jika mengalami kerusakan. Untuk itu, bila perlu perawatan dan mengalami masalah pada komponen part ini, Teman DFSK bisa melakukan dan menjadwalkan waktu servis melalui website https://www.dfskmotors.co.id/id/service-booking, atau bisa juga dengan kunjungi bengkel resmi DFSK Indonesia terdekat di kotamu.

 
Share :