Impresi Para Jurnalis pada Test Drive DFSK Glory 580

Impresi Para Jurnalis pada Test Drive DFSK Glory 580
Pembuktian diri DFSK Indonesia sebagai pabrikan mobil China yang serius untuk menggeluti pasar otomotif di Indonesia bukan hanya dilihat dari apa yang mereka ungkapkan seputar produk-produk dan rencana bisnis DFSK, tapi lebih pada apa yang konsumen ungkapkan setelah mencoba sendiri produk besutan DFSK. Bagaimanapun juga, keandalan sebuah mobil hanya bisa terasa saat dikemudikan langsung di atas aspal.
 
Di atas kertas, DFSK Glory 580 punya seabrek fitur dan spesifikasi mumpuni yang layak menjadi mobil SUV kelas menengah ke atas. Mulai dari beragam fitur premium yang disematkan, aspek keamanan yang punya standar tinggi, hingga layanan purna jual yang dijamin dengan baik adalah tawaran menggiurkan bagi konsumen. Namun di balik itu, tentu Anda penasaran bukan? Apakah benar jika DFSK Glory 580 bisa memenuhi ekspektasi konsumen sebagaimana yang digembor-gemborkan DFSK Indonesia?
 
Lewat test drive DFSK Glory 580 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 dan event-event lainnya, para jurnalis dari berbagai media berkesempatan untuk menjajal langsung Glory 580 yang jadi andalan DFSK. Mulai dari berada di posisi penumpang hingga memegang kemudi secara langsung, para jurnalis bisa merasakan berkendara dengan Glory 580 secara nyata. Tak salah jika Anda penasaran tentang bagaimana hasil yang mereka rasakan. Yuk, kali ini Anda bisa mengetahui impresi yang para jurnalis dapatkan saat menjajal SUV baru dari DFSK tersebut lewat uraian berikut ini!

DFSK Glory 580 Punya Modal Besar

Jumlah penjualan mobil SUV di Indonesia yang terus merangkak naik tiap tahunnya membuat banyak produsen melirik segmen ini. Dampaknya, persaingan di segmen SUV kian memanas. Untungnya, DFSK Glory 580 punya modal besar untuk bertarung dengan pesaingnya. Setidaknya itulah impresi yang didapatkan Syakur Usman selaku reporter dari merdeka.com.
 
Usman berkesempatan untuk menjajal city SUV unggulan DFSK ini di bangku penumpang pada event Media Test Drive DFSK Glory 580 yang menempuh perjalanan dari Purwakarta-Bandung. Selama perjalanan tersebut, Usman yakin bahwa desain interior dan kenyamanan kabin DFSK Glory 580 adalah modal besar DFSK untuk bersaing di segmen city SUV.
 
Desain dashboard dan cluster meter Glory 580 terlihat elegan. Sistem hiburan sudah dilengkapi dengan layar LCD 10 inci yang bisa dikoneksikan dengan smartphone untuk mengaktifkan fitur mirroring. Lewat layar ini pula, Anda tidak akan kesulitan mencari jalan sebab fitur navigasi telah tersedia. Selain itu, pengemudi juga akan terbantu saat parkir berkat adanya kamera parkir yang display terlihat jelas di layar LCD lebar ini.
 
Tampilan luarnya yang gagah dan elegan menjadi daya tarik tersendiri buat penyuka otomotif. Tampilan berani bagian depan Glory 580 enak dipandang mata. Lampu utama desain eagle-eye yang dilengkapi dengan LED Daytime Running Lights (DRL) memberikan efek lebih bagi mereka yang melihat mobil ini untuk pertama kalinya. Sementara pada bagian belakang, spoiler sporty dan lampu belakang full LED membuat pengendara di belakang bisa lebih waspada. Sebagai SUV 7-seater yang bisa muat banyak, konsumen dari kalangan keluarga jadi tidak perlu ragu jika harus dihadapkan dengan MPV dengan harga yang tidak beda jauh.

DFSK Glory 580 punya 5 Keunggulan Super

Menjadi mobil SUV biasa-biasa saja tentu tidak bakal dapat posisi yang baik untuk bersaing dengan merek-merek yang sudah ada terlebih dahulu. Karena itu, DFSK Glory 580 butuh keunggulan khusus untuk jadi modal bersaing. Toto Pribadi, jurnalis dari VIVA, akhirnya bisa menguak 5 keunggulan super dari DFSK Glory, masih pada event yang sama, Media Test Drive Glory 580 pada Juni lalu. Di tengah nyaman dan senyapnya kabin Glory 580, Toto merasakan betul 5 keunggulan super tersebut: Super Space, Super Driving, Super Smart Technology, Super Safety, dan Super Quality.
 
Keunggulan Super Space dirasakan berkat wheelbase mobil yang mencapai 2.780 mm. Dengan bentangan sepanjang ini, DFSK bisa memberikan kargo yang cukup besar. Hasilnya, kabin Glory 580 terasa lega saat Anda memasukinya. Kemudian keunggulan Super Driving didapat dari mesin turbo yang hemat bahan bakar. Mesin ini bisa dipilih varian transmisi 6 percepatan manual, atau CVT matic.
 
Keunggulan lainnya, Super Smart Technology, bisa dirasakan berkat hadirnya teknologi hiburan, navigasi, dan controlling yang diakses lewat panel LCD di dashboard. Selain hiburan dan display kamera parkir, LCD ini juga bisa menampilkan informasi tekanan ban berkat Tire Pressure Monitoring System yang disematkan di mobil ini. Teknologi canggih lainnya, Glory 580 sudah mengadopsi keyless system dan tersedia tombol start-smart key.
 
Keunggulan keempat yaitu Super Safety, ada berkat hadirnya sederet fitur keamanan andal yang mumpuni untuk pengendara SUV gagah ini. Mulai dari EBA (Electronic Brake Assist), EBD (Electronic Brake Distribution System), serta hadirnya 4 airbag untuk kabin depan. semua ini masih ditambah lagi dengan keunggulan Super Quality yang memastikan bahwa Glory 580 dibuat dengan standar kualitas tinggi, sehingga DFSK berani memberikan garansi hingga 7 tahun lamanya! Garansi ini pun tetap berlanjut tangan jika Anda menjual mobil ini.

DFSK Glory 580 Punya Mesin Tangguh

Kalau desain dan fitur mobil ibaratnya adalah penampilan yang menarik konsumen SUV, maka mesin adalah jeroan yang membuat konsumen memutuskan bakal membeli SUV tersebut atau tidak. Mesin yang kurang baik jelas bakal membuat kesulitan si SUV untuk melahap medan-medan tidak rata. Bagi Ruly Kurniawan dari detikOto, DFSK Glory 580 punya mesin yang tangguh. Itulah impresinya saat kencan singkat dengan mobil tersebut di IIMS 2018 lalu.
 
Penggemar otomotif mana pun pasti tahu, kekuatan mesin di atas kertas dengan saat test drive di lapangan bisa berbeda jauh, itu sebabnya Ruly baru berikan jempol untuk Glory 580 setelah mencicipi mobil ini untuk melibas rute Purwakarta-Bandung. Terlepas dari aura kabin keren yang membuatnya salah fokus, Ruly puas duduk di belakang setir dan menginjak pedal gas Glory 580.
 
Menurut Ruly, begitu pintu kabin ditutup dan mesin dinyalakan, desain Glory 580 untuk menghilangkan kebisingan terasa mantap. Suasana kedap dan hening benar-benar terasa seakan mesin tidak menyala. Padahal, saat itu ia menjajal mesin 1,5 L Turbocharged CVT. Pula saat pedal gas diinjak, kecepatan yang mampu Ruly dapatkan mencapai 160 km/jam! Tenaga besar yang muncul berkat Turbocharged pada mesin jelas membuat SV 7-seaters ini patut dilirik.

Kekurangan DFSK Glory 580 bisa Diimbangi oleh Kelebihannya

Berbicara soal impresi, setiap pengendara tentu memiliki impresinya masing-masing, khususnya ketika berbicara soal kekurangannya. Hal inilah yang menjadi impresi tersendiri bagi Danang Arradian dari Koran Sindo. Namun, menurut dia, kekurangan yang ada pada Glory 580 pada dasarnya dapat diimbangi dengan baik oleh keunggulan-keunggulan yang ada.
 
Menurut Danang, Glory 580 kaya akan fitur, namun tidak semua fitur tersebut akan benar-benar terpakai. Saat mengendarai Glory 580 akan ada beberapa fitur yang lebih sering digunakan dibandingkan fitur lainnya, khususnya fitur yang mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain itu, kehadiran sunroof pun dirasa tidak akan terlalu efektif di negara tropis seperti di Indonesia, tetapi bagaimanapun, sunroof merupakan salah satu faktor yang menambah kemewahan suatu kendaraan.
 
Soal mesin, khususnya mesin 1,5L turbocharge yang dikendarai, pada tarikan awal terasa kurang responsif walaupun terasa mulus saat dikendarai. Tetapi, lepas dari RPM 2500 ke atas dan saat turbo sudah bekerja, performanya pun meningkat.
 
Sebagai mobil China yang baru masuk ke pasar otomotif Indonesia, DFSK Glory 580 sudah menorehkan kesan positif di hati mereka yang sudah menjajal langsung di jalanan. Kebanyakan, dari impresi yang didapatkan, para jurnalis mengatakan kalau mobil China yang satu ini sangat memuaskan.
 
Interior mewah dan berkelas jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Jok lapis kulit, lingkar setir kulit, dan dashboard elegan jadi andalan dalam kabin depan. Fitur Vehicle Running Recorder yang jadi standar Glory 580 untuk merekam kejadian di depan pengemudi, hanya ada pada mobil ini.
 
Dari sisi performa pun jelas tidak mengecewakan. Sensasi berkendara yang didapatkan pun terasa mengesankan. Baik sebagai pengemudi maupun penumpang, impresi positif bertebaran dari mulut para jurnalis. Rasanya, Anda tidak perlu ragu lagi jika ingin menetapkan hati untuk membeli DFSK Glory 580.
 
 
Sumber:

https://www.merdeka.com/otomotif/test-drive-dfsk-glory-580-punya-modal-besar-bersaing-di-city-suv-7-penumpang.html
https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1043147-menjajal-dfsk-glory-580-apa-hebatnya-mobil-ini
https://www.mobil123.com/berita/test-drive-dfsk-glory-580-modal-awal-tapaki-hari-kemenangan/51342
https://www.liputan6.com/otomotif/read/3551165/test-drive-glory-580-apa-saja-kelebihan-dan-kekurangannya
http://drivenhype.com/test-drive-dfsk-glory-580-eksplorasi-performa-dan-fitur/
http://www.tribunnews.com/otomotif/2018/06/06/dfsk-glory-580-city-suv-yang-fun-to-drive-diatas-rpm-2000

Diakses pada: 9 Juli 2018
Share :