Tips Aman Berkendara Saat Puasa

Tips Aman Berkendara Saat Puasa

Memasuki bulan Ramadan, kalian wajib mengetahui tips berkendara saat puasa. Walaupun sedang berpuasa, tetap saja aktivitas sehari-hari harus dijalankan dengan baik. Mobilitas yang padat sepanjang waktu membuat aktivitas berkendara tetap dilakukan. Namun perlu perhatian khusus di dalam kondisi berpuasa.


Jika kalian kehilangan sedikit saja fokus, maka berbagai kejadian yang tidak diinginkan bisa terjadi saat puasa. Lalu, apa saja tips agar tetap aman berkendara saat puasa?


  1. Istirahat yang Cukup


Hal mendasar saat puasa yang harus diperhatikan pertama adalah kalian harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Aktivitas tambahan seperti sahur dan tarawih akan sedikit mengurangi waktu istirahat kalian. Namun, jangan sampai jam istirahat malah tidak cukup.


Istirahat yang kurang membuat kalian bisa kehilangan konsentrasi dan fokus dalam berkendara. Kondisi ini sudah pasti sangat berbahaya. Oleh karena itu, pastikan istirahat yang cukup, seperti tidur 7-9 jam per hari.


  1. Penuhi Gizi Selama Puasa


Jangan pernah melupakan asupan makanan yang kalian konsumsi dalam masa puasa. Gizi yang masuk ke dalam tubuh sebaiknya seimbang dan layak untuk memberikan tenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen agar semakin melengkapi gizi bagi tubuh.


  1. Mengendalikan Diri Ketika Berkendara


Kemacetan dan kesemrawutan di jalanan, ditambah pengemudi lain yang serampangan saat berkendara membuat tak jarang memancing emosi. Hal ini justru berdampak tidak baik dan akan menurunkan konsentrasi. Sehingga penting untuk mengendalikan diri dalam situasi tersebut.


  1. Hindari Kecepatan Tinggi


Tingkat konsentrasi yang lebih rentan membuat kalian harus menyadari bahwa sebaiknya menghindari kecepatan tinggi dan manuver tiba-tiba. Tentu saja hal ini harus dilakukan agar keselamatan bisa tetap terjaga sepanjang perjalanan. Dalam kondisi tidak berpuasa saja tindakan ini sudah berbahaya. Apalagi jika dilakukan dalam kondisi puasa yang terkadang konsetrasi berkurang.


  1. Manfaatkan Teknologi Mobil ataupun Teknologi Eksternal


Hal yang tak kalah penting adalah memanfaatkan teknologi seperti google maps, aplikasi waze, atau yang lainnya untuk mendapatkan rute yang paling cepat dan dekat, sehingga tenaga dan pikiran tidak terkuras karena jalanan yang macet. Tak cuma itu, manfaatkan juga beberapa fitur kenyamanan dalam mobil agar tetap nyaman berkendara dan membantu fokus.


Itu dia beberapa tips berkendara ketika puasa. Tak cuma pengemudi yang harus fit, mobil kalian juga harus fit untuk menunjang aktivitas sehari-hari.  Untuk itu, jadwalkan kunjungan service kalian melalui website https://www.dfskmotors.co.id/id/service-booking & dapatkan jadwal yang sesuai ya!

 
Share :

Related Article