Tips Nyaman Berkendara Saat Musim Hujan!

Tips Nyaman Berkendara Saat Musim Hujan!

Musim penghujan telah tiba. Intensitas hujan yang cukup sering mengguyur jalanan ibukota beberapa waktu ini membuat kondisi jalan semakin licin dan berbahaya bagi para pengendara. Berkendara khususnya menyetir mobil dalam keadaan hujan harus ekstra hati-hati dan waspada. Oleh karena itu sebaiknya Teman DFSK perlu menyiapkan diri serta mobil harus dalam kondisi prima.

Dalam beraktivitas sehari-hari, terutama ketika berkendara di saat hujan membutuhkan persiapan tersendiri, mulai dari persiapan fisik karena membutuhkan konsentrasi ekstra, kondisi mobil, hingga memahami teknik mengemudi yang baik.

Berikut tips aman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan.

1.      Persiapan Diri

Sebelum berkendara, sudah pasti Teman DFSK harus memastikan kondisi kesehatan tubuh karena merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika akan berkendara.

Kalimat “Sedia Payung Sebelum Hujan” bukan sekedar pepatah, tapi juga berarti secara harfiah. Sediakanlah payung di dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu memiliki fasilitas atap kanopi. Sehingga, Teman DFSK dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.

Membawa atau menggunakan baju hangat ketika akan berkendara, dan untuk berjaga-jaga Teman DFSK dapat membawa alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

2.      Persiapan kendaraan

Periksa kondisi ban, jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti. Alur ban yang masih baik membantu kita untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

Cek kondisi karet wiper. Komponen ini sangat penting dalam menyapu air terutama bagian kaca depan demi menjaga visibilitas Teman DFSK dalam berkendara. Periksalah karet wiper secara berkala, apabila sudah getas dan sapuannya tidak bersih gantilah dengan yang baru di bengkel resmi DFSK Indonesia.

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas baik bagi Teman DFSK atau pun pengendara lainnya.

3.      Selama berkendara

Nyalakan lampu ketika hujan deras, karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan, khususnya lampu rem akan sangat membantu Teman DFSK dan memberi tanda untuk pengendara di belakang.

Menjaga kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain dapat memberi jarak dan waktu yang cukup bagi kita untuk bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak, juga dapat memberikan waktu Teman DFSK dalam menghindari genangan air yang dapat menyebabkan mobil melayang di atas air (aquaplaning).

Perlu kita ketahui lampu hazard hanya digunakan hanya untuk darurat berhenti di bahu jalan, jangan menyalakan lampu hazard ketika hujan, hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lainnya, khususnya di belakang kita.

Pengendara lain di belakang menjadi tidak peka saat kita memperlambat laju kendaraan dan menjadi tidak tahu ketika kita akan berpindah jalur atau berbelok arah.

Selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara ya Teman DFSK! Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat sehingga Teman DFSK dapat tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan.

Bulan Februari ini jangan lewatkan kesempatan untuk bawa pulang hadiah langsung iPhone 12* setiap pembelian DFSK Glory 560 di dealer DFSK Indonesia. Bukan hanya hadiah langsung tapi ada juga program cicilan ringan* dan bunga 0%* yang bisa Teman DFSK nikmati. Segera kunjungi Dealer DFSK Indonesia terdekat di kotamu.

(*syarat dan ketentuan berlaku)

Share :

Related Article