Jenis Mobil SUV Terbaru dan Terbaik: Jangan Salah Pilih!

Jenis Mobil SUV Terbaru dan Terbaik: Jangan Salah Pilih!
Popularitas mobil Sport Utility Vehicle atau SUV di bursa otomotif dunia cukup berdampak pada jenis mobil SUV terbaru yang beredar di dalam negeri. Tidak sedikit pabrikan mobil dari berbagai negara, ikut meramaikan tren SUV di pasar otomotif Indonesia lewat produk-produk SUV baru atau versi upgrade dari SUV yang sudah ada. Di tengah banyaknya produk SUV yang beredar, perlu kejelian untuk memilih yang terbaik agar tidak rugi menggelontorkan uang.
 
Ketatnya persaingan di segmen SUV pada industri otomotif dalam negeri bisa dilihat dari tipisnya perbedaan spesifikasi dan kualitas. Harga yang ditawarkan pun relatif sama. Akibatnya, tidak sedikit konsumen yang kesulitan untuk memilih mana yang terbaik. Ingat, terbaik tidak hanya dilihat dari satu atau dua aspek saja, lho, melainkan dari berbagai aspek yang dibandingkan dengan tepat.
 

Tips Memilih Jenis Mobil SUV Terbaru dan Terbaik 

Nah, jika Anda kebingungan dan ingin tahu lebih banyak tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat hendak membeli jenis mobil SUV terbaru, ada beberapa tips dalam memilih mobil SUV terbaik agar tidak merugi.

1. Tentukan Tujuan Penggunaan
Sebenarnya dalam memilih mobil apapun, mengetahui kebutuhan Anda atau tujuan penggunaan mobil yang akan Anda beli tersebut adalah hal yang utama. Tidak hanya sebatas pada mobil jenis apa yang Anda butuhkan, tapi lebih kepada SUV yang akan Anda beli ini nanti hendak digunakan untuk apa. Kebutuhan penggunaan ini nantinya akan jadi landasan Anda untuk memilih SUV dengan ukuran seberapa besar, punya fitur apa saja, seberapa besar tenaganya, dan berapa harganya.
 
SUV yang hendak Anda gunakan sehari-hari, tentu berbeda dengan SUV yang ingin Anda gunakan untuk bepergian ke pegunungan dan melewati medan-medan yang sulit. Membeli SUV untuk medan sulit yang bertenaga besar dan boros akan sangat merugikan jika dipakai untuk keperluan mobilitas sehari-hari di kota.

2. Cari SUV dengan Ukuran yang Pas
Pada umumnya, SUV ditawarkan dalam tiga kategori compact, medium, dan full-size. Sesuai dengan ukurannya, masing-masing punya tujuan penggunaan terbaiknya masing-masing. Jika ukuran tidak sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda, tentu tidak akan nyaman saat Anda pakai.
 
Sebagai contoh, SUV compact cocok untuk digunakan sebagai sarana mobilitas sehari-hari. Sistem penggerak dan fitur-fitur yang tersedia biasanya tidak terlalu rumit, malah bisa dibilang sederhana. Banyak yang menyebut SUV compact sebagai city SUV karena karakternya yang sporty namun lebih pas digunakan di dalam kota, di atas aspal atau medan yang tidak terlalu ekstrim. Jika ingin memiliki mobil penumpang, Anda bisa memilih SUV 7 seaters. Lain halnya dengan medium dan full-size SUV. Kedua kategori ini biasanya punya ukuran yang besar dan kuat untuk melibas medan-medan offroad yang sulit.
 
3. Perhatikan Fitur-Fitur
Dalam memilih SUV terbaik, Anda juga perlu memperhatikan fitur-fitur yang dimiliki SUV tersebut. Biasanya, fitur yang ditawarkan berbanding lurus dengan varian dan harga. Meski begitu, ada patokan fitur standar yang harus tetap ada di tiap varian.
 
Mudahnya, dalam memilih SUV terbaik, Anda bisa mencari SUV dengan fitur terlengkap. Fitur-fitur yang perlu diperhatikan meliputi fitur kenyamanan berkendara dan fitur keamanan (safety features). Fitur kenyamanan berkendara membuat Anda betah di tengah perjalanan, sementara fitur keamanan membantu meminimalisir potensi kecelakaan.
 
4. Pilih Mesin dengan Tepat
Saat memilih mobil jenis SUV, mesin dengan tenaga paling besar tidak selalu identik dengan SUV terbaik. Kapasitas mesin sangat berkaitan dengan bahan bakar dan biaya perawatan. Mesin bertenaga besar membutuhkan asupan bahan bakar yang banyak, biaya perawatan pun akan semakin tinggi. Lagi-lagi, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
 
Jika kebutuhan Anda hanya sebatas transportasi sehari-hari di perkotaan ditambah sesekali liburan ke luar kota, SUV compact atau medium sepertinya sudah cukup. Biasanya kedua varian tersebut menggunakan mesin dengan 4 atau 6 silinder saja. Sementara SUV full-size biasanya memiliki 8 silinder. Mesin bersilinder sedikit lebih murah maintenance-nya dibanding mesin bersilinder besar.
 
5. Bandingkan Harga Berdasarkan Seluruh Aspek Mobil
Paling mahal belum tentu yang terbaik. Harga mahal sebuah mobil bisa karena kualitas, fitur, atau karena popularitas merek. Itu sebabnya, memilih SUV sesuai dengan budget Anda adalah cara terbaik. Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli mobil mahal hanya karena mereknya terkenal saja. Banyak merek-merek terkenal yang punya kualitas sama dengan merek yang kurang terkenal atau bahkan merek pendatang baru.
 
Pastikan Anda memperhatikan dengan saksama keempat aspek di atas terlebih dahulu, lalu bandingkan 2 SUV yang Anda minati. Lihat satu per satu apakah harga yang ditawarkan sudah cukup baik atau kemahalan. Ingat, tidak selamanya yang lebih murah itu kualitasnya lebih buruk.

Berkaca dari tips-tips memilih macam-macam mobil suv di atas, salah satu pabrikan mobil China yang tergolong baru di kancah industri otomotif Indonesia tengah menjadi sorotan yang punya potensi sebagai mobil SUV terbaik untuk Anda pilih. Adalah PT. Sokonindo Automobile (DFSK) yang baru-baru ini meluncurkan SUV 7-seaters untuk keluarga.
 

4 Alasan Mobil SUV DFSK Glory 580 Mendapat Predikat SUV Terbaik di IIMS 2018

1. Bisa Digunakan untuk Banyak Tujuan
Mobil SUV DFSK Glory 580 didesain untuk mampu memenuhi berbagai kebutuhan transportasi keluarga perkotaan. Hal ini ditandai dengan hadirnya formulasi 7-seaters yang lepas dari formula kursi SUV pada umumnya yang biasanya hanya menghadirkan 4 kursi saja. Lewat tambahan kursi di baris ketiga, seluruh keluarga bisa muat jika ingin bepergian santai, ke mall, atau lainnya.
 
Butuh bawa lebih banyak barang dari biasanya? Tenang saja, Anda bisa melipat kursi di baris ketiga agar space di bagian belakang jadi lebih luas. Di mode ini, SUV DFSK bisa jadi mobil pengangkut barang sesuai kebutuhan Anda. Saat Anda ingin pergi ke luar kota, desain dasar mobil SUV DFSK akan melahap dengan mudah berbagai kondisi jalanan yang mungkin Anda temui. Jalanan berlubang, becek, bergelombang, hingga jalanan pantai yang penuh bebatuan pun tak jadi masalah buat Glory 580.
 
2. Dimensi Pas
Untuk kebutuhan sehari-hari di perkotaan, bahkan ketika diisi penumpang penuh pun kabin Glory 580 terasa nyaman. Hal ini karena wheelbase yang lumayan panjang untuk ukuran city SUV, mencapai 2.780 mm. Dimensi mobil ini pun masih terasa pas di perkotaan, tidak terlalu besar dengan ukuran lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm.
 
Ground clearance setinggi 200 mm juga mampu melahap polisi tidur, lubang, dan berbagai jalanan rusak di kota dengan mudah. Dimensi yang pas ini juga berpengaruh pada pengemudi dan penumpang. Pengemudi bisa mendapatkan posisi mengemudi terbaik dan tidak mudah lelah, sementara penumpang bahkan bisa tidur dengan pulas dan nyaman.
 
3. Punya Segudang Fitur Baru dan Bermanfaat
Di antara banyaknya fitur standar SUV, ada dua hal yang paling menarik untuk dibicarakan, yaitu keberadaan LCD touchscreen yang jadi pusat kontrol hiburan, informasi, dan navigasi; serta fitur Vehicle Running Recorder (VRR) atau perekam video perjalanan. LCD touchscreen memungkinkan Anda untuk mendapatkan hiburan maksimal selama perjalanan, sekaligus memantau keadaan mobil seperti tekanan ban hingga tampilan kamera parkir.
 
VRR berfungsi layaknya black box yang merekam semua kejadian di hadapan Anda saat mengemudi. Lewat kamera yang diletakkan di bagian spion atas tengah ini, Anda dapat memantau aktivitas berkendara selama hampir 2 minggu, setelah memory penuh, sistem akan mereset secara otomatis.
 
Fitur keselamatan pun tidak kalah canggih, mulai dari Electronic Brake Assist hingga Tire Pressure Monitoring System, Glory 580 memprioritaskan keamanan Anda saat berkendara. Tambahan yang asyik pula, mobil ini telah dilengkapi keyless system dan tombol start-stop untuk menyalakan mesin.
 
4. Mesin Bertenaga Turbo
SUV DFSK dibekali mesin berteknologi turbo pada varian mesin 1,5 L-nya. Mesin 1,5 L Turbocharged ini tersedia untuk varian transmisi manual dan otomatis. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 147 Hp dan torsi 220 Nm, cukup besar untuk berkendara di perkotaan. Bahkan dari hasil test drive beberapa waktu lalu, Glory 580 sanggup digeber hingga 160 Km/jam, namun mentok karena lalu lintas, bukan karena mesinnya. Di atas kertas, mobil ini masih sanggup hingga lebih dari 180 Km/jam. Saat digeber di kecepatan 140 Km/jam, stabilitas kemudi masih terjaga. Sebenarnya masih ada varian mesin 1,8 L tapi tanpa turbo dan hanya dilengkapi transmisi manual. Untuk Anda yang suka menyetir konvensional, pilihan ini masih memberikan sensasi menyetir yang oke punya!
 
5. Harga Bersaing
Pertimbangan penentu saat hendak membeli mobil mungkin adalah masalah harga. Bisa jadi, selisih harga yang lumayan jauh membuat Anda memilih mobil yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Di sinilah keunggulan mobil SUV DFSK Glory 580. Harga yang dipatok untuk mobil China ini bisa sampai Rp 100 juta lebih murah dari pesaingnya.
 
Tipe termurah Glory 580, yaitu 1,8 L Comfort M/T dengan 5-percepatan dibanderol harga Rp 245,9 juta saja, sementara tipe tertinggi yang sudah dirilis dengan mesin 1,5 L Turbocharged CVT dibanderol seharga Rp 308 juta. Bandingkan saja dengan HR-V yang dibanderol hingga Rp 404,5 juta, tentu sebaiknya memilih yang lebih murah dengan fitur yang sama.


Kekhawatiran layanan purna jual yang buruk dari mobil China pun tidak lagi perlu dirisaukan. DFSK telah membangun pabrik di Indonesia, dan rencananya akan membangun fasilitas produksi mesin pula. Diler juga bertebaran di kota-kota besar Indonesia, dan ditargetkan untuk selesai 50 diler akhir tahun ini di seluruh wilayah Indonesia, baik kota kecil maupun kota besar.


Sumber:

https://www.mobilkomersial.com/2018/02/tips-memilih-mobil-suv-bagi-kaum-urban/
http://otomotifhot.net/2015/05/bingung-memilih-mobil-suv-yang-cocok-baca-8-tips-berikut-ini.html
https://otomotif.kompas.com/read/2015/02/10/110000215/Panduan.Membeli.Mobil.Jenis.SUV.di.Perkotaan
https://www.otosia.com/tips/10-pertimbangan-sebelum-membeli-suv.html

Diakses pada: 9 Juli 2018
Share :