Bisa Berbahaya, Ini Dia Penyebab Oli Rembes ke Mesin

Bisa Berbahaya, Ini Dia Penyebab Oli Rembes ke Mesin

Apakah mobil kesayangan kalian sering di servis secara berkala? Jika tidak, sebaiknya mulai membawanya untuk diservis secara berkala. Ini dilakukan untuk menghindari kerusakan akibat aus atau kebocoran karena sering dibawa berkendara pada jalanan yang rusak. Misalnya kejadian oli rembes dari blok mesin mobil. 


Penyebab dari kejadian ini beragam, oleh karena itulah pemeriksaan menyeluruh sangat penting dilakukan supaya mobil bisa digunakan dengan baik. Berikut adalah ulasannya:


  1. Kerusakan Klep Mesin


Saat ingin membawa mobil berkendara ke kantor atau tempat tujuan, apakah Anda merasakan lemahnya tarikan mesin mobil? Jika iya, kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada pada seal klep mesin. Untuk memastikan apakah benar klep mesin rusak, Anda bisa melihatnya dari sisi ujung knalpot. Apabila oli merembes, bisa dipastikan bahwa seal klep mesin rusak. 


  1. Kerusakan Pada Crank Self


Apabila kalian melihat adanya kebocoran di sekitar area radiator, maka oli yang merembes disebabkan karena adanya kebocoran di bagian seal crankshaft. Selain itu akan terlihat bahwa oli akan merembes dari arah depan hingga bagian belakang kolong mesin mobil. Kebocoran seal crankshaft adalah alasan mengapa kalian perlu membawa mobil ke bengkel untuk di servis. Ini terjadi karena seal crankshaft sudah terlalu lama dipakai tanpa dilakukan pengecekan yang layak. 


  1. Robeknya Seal Gearbox


Oli yang merembes pada area bawah radiator mesin mobil menjadi pertanda bahwa seal gearbox robek. Suara mesin mobil yang mulai berisik saat dinyalakan juga bisa menjadi peringatan bagi kalian untuk langsung membawa mobil ke bengkel. Apabila hal ini terjadi, jangan lagi menunda melakukan servis supaya tidak ada kerusakan berlanjut pada komponen yang lainnya.


  1. Kebocoran Pada Oli Gardan


Perembesan yang terlihat dari arah belakang mesin mobil atau wheel drive menandakan bahwa adanya kebocoran pada oli gardan. Kebocoran pada bagian ini umumnya hampir tidak pernah terjadi, namun bisa saja terjadi karena baut pengisian yang tidak tertutup rapat. 


  1. Kerusakan Seal Kompresor


Terakhir, oli yang merembes dari arah depan mesin mobil hingga ke bagian belakang, menandakan adanya kerusakan pada seal kompresor. Seal kompresor yang rusak tidak hanya berpengaruh pada oli, tetapi juga kinerja pendingin pada kabin mobil atau AC mobil.


Demikian 5 penyebab oli rembes dari blok mesin mobil. Apabila kalian melihat adanya cairan oli pada kolong mobil, ini sudah jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dari mesin mobil. 

 
 
Share :
Featured Bisa Berbahaya, Ini Dia Penyebab Oli Rembes ke Mesin