Cari Tahu Fungsi dari Tire Pressure Monitoring

Cari Tahu Fungsi dari Tire Pressure Monitoring

Sebagai pemilik mobil  kita perlu mengetahui beberapa fitur-fitur terkini yang hadir di mobil Teman DFSK. Sedemikian banyak fitur yang hadir, tentu untuk memudahkan dan menunjang kenyamanan saat berkendara. Lalu, ada beberapa fitur yang jarang digunakan, memang terkadang sering dilupakan oleh kita tetapi akan sangat berguna jika Teman DFSK membutuhkannya. Tentu fitur  tersebut ada manfaatnya, agar berkendara lebih aman serta nyaman. Salah satu  fitur yang akan kita bahas yakni Tire Pressure Monitoring System atau (TPMS). Lalu apa fungsi dari TPMS  tersebut ? 

Ketahui Fungsi dari Tire Pressure Monitoring

Memonitoring tekanan angin pada ban mobil memang penting dilakukan, selain dapat menjaga keselamatan saat berkendara, Teman DFSK juga bisa menjaga tingkat keawetan ban itu sendiri. Bahkan mobil tersebut sering digunakan untuk menemani berbagai aktivitas Teman DFSK, belum lagi melewati berbagai macam kondisi jalan dan beban mobil yang dibawa. Pasti salah satu dari ban tersebut, akan berkurang tekanan anginnya dari kondisi idealnya.

Sesuai dengan namanya Tire Pressure Monitoring System atau yang lebih dikenal dengan TPMS, biasanya hadir untuk mobil keluaran terbaru seperti yang tersedia di mobil DFSK Glory i-Auto. Tentu adanya fitur ini bukan tanpa tujuan ataupun terlihat canggih melainkan berfungsi untuk memonitoring tekanan angin pada keempat ban mobil Teman DFSK. Setelah mengenal fungsi yang dimilikinya, ternyata ada dua jenis dari TPMS,  antara lain:

Jenis Tire Pressure Monitoring System

Perlu diketahui bagi Teman DFSK, sebenarnya sistem TPMS terbagi menjadi 2 jenis, yakni TPMS Direct dan Indirect. Lalu seperti apa perbedaan dari kedua hal tersebut. Berikut perbedaannya;

  1. Tire Pressure Monitoring Indirect

Sistem TPMS secara tidak langsung atau (Indirect) merupakan bentuk pertama TPMS yang mana sistem ini memperlihatkan tekanan ban berdasarkan hitungan tertentu Biasanya mengandalkan sensor kecepatan ban yang digunakan oleh sistem rem anti-lock. Namun, sistem ini sangat sensitif dan kurang akurat, bahkan perlu dilakukan reset manual jika ada pengisian tekanan angin ban.

  1. Tire Pressure Monitoring Direct

TPMS yang dipakai banyak mobil  saat ini adalah sistem langsung (Direct) yang mana terdapat sensor tekanan di dalam ban. Sebenarnya, sensor tersebut diletakan pada katup pengisian ban, menggantikan penutup plastik biasa. Namun banyak juga yang diletakkan pada katup agar tidak terlihat. Cara kerjanya yakni data akan diteruskan melalui wireless kemudian ditampilkan melalui MID mobil. Bisa dalam bentuk sederhana seperti tanda peringatan ban kempes hingga besaran angka yang detail di setiap tekanan ban.

Berbicara tentang kemudahan, fitur TPMS memang sangat membantu Teman DFSK saat berkendara. Jika sedang mengalami kekurangan angin di salah satu ban, fitur TPMS sangat berguna sekali, hanya dengan menekan salah satu tombol yang ada di kemudi dan kita dapat mengetahui berapa angka tekanan angin ban di setiap sisi  melalui tampilan MID (Multi Information Display). 

Setelah mengenal fungsi dan jenis dari TPMS, Teman DFSK tidak perlu lagi harus keluar dari mobil lalu memberhentikan dan memeriksa ban tersebut dengan cara konvensional atau ditekan oleh tangan. Terlebih kondisi ban sangat krusial jika mengalami kekurangan angin. Untuk itu, fitur TPMS perlu dalam perawatannya, bila mengalami masalah pada fitur ini, Teman DFSK bisa melakukan jadwal servis melalui website https://www.dfskmotors.co.id/id/service-booking  dan bisa kunjungi bengkel resmi DFSK Indonesia terdekat di kotamu.
 
Share :
Featured Cari Tahu Fungsi dari Tire Pressure Monitoring