Ketahui Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Kotor Agar Makin Kinclong

Ketahui Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Kotor Agar Makin Kinclong

Demi kenyamanan saat berkendara, kebersihan jok mobil harus tetap terjaga. Komponen interior mobil ini harus senantiasa bersih dan wangi. Pada dasarnya, cara membersihkan jok mobil tergolong mudah. Nah, di artikel ini kami akan coba membahas cara-caranya untuk Anda.

Cara Membersihkan Jok Mobil 

Sebelum kami jelaskan cara-caranya, alangkah baiknya simak terlebih dahulu seputar tips membersihkannya terlebih dahulu. Tujuannya agar proses membersihkan jok bisa lebih optimal. Berikut tipsnya.

  • Kenali bahan jok yang digunakan sebelum membersihkannya. Pasalnya, masing-masing bahan jok membutuhkan cairan pembersihan yang berbeda.

  • Kenali jenis kotoran atau noda karena beberapa noda tidak bisa dihilangkan begitu saja. Contohnya noda yang disebabkan oleh tinta yang memerlukan cairan khusus untuk menghapusnya.

  • Menggunakan cairan pembersih yang harum untuk kotoran-kotoran yang berbau seperti kotoran sisa makanan.

Cara Membersihkan Jok Mobil dari Kain

Kain merupakan salah satu jenis material atau bahan yang masih digunakan oleh beberapa pabrikan mobil. Cara membersihkan jok dari bahan kain ini tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kain yang biasa digunakan adalah jenis kain tenun yang umumnya mudah rusak.

Pastikan Anda membersihkan jok kain dengan cara yang lembut. Selain itu, ikuti juga langkah-langkah berikut untuk mengoptimalkan proses pembersihannya.

  1. Gunakan Botol Semprotan Untuk Campuran Sabun

Siapkan botol semprotan yang sudah tidak terpakai. Kemudian campurkan sabun cuci piring dan air ke dalam botol tersebut.

  1. Semprotkan Cairan Sabun Pada Jok

Setelah cairan pembersih siap, silahkan semprotkan ke seluruh area jok khususnya yang kotor. Semprot dengan jarak 20 cm lalu gosok menggunakan sikat yang lembut secara perlahan.

  1. Bersihkan Bekas Sabun

Sabun yang Anda gunakan tadi biasanya akan menimbulkan bekas pada jok kain. Namun jangan khawatir, Anda bisa menghilangkannya dengan kain yang sudah Anda rendam dalam air hangat.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Vinyl

Bahan jok yang satu ini tergolong lebih mudah dibersihkan. Pasalnya, vinyl adalah material yang memiliki tekstur licin layaknya plastik. Berikut cara membersihkannya.

  • Gunakan sabun cair yang sudah dicampur air untuk membersihkan jok berbahan vinyl.

  • Usapkan cairan pembersih yang sudah Anda buat menggunakan spons ke seluruh area jok vinyl.

  • Setelah dibersihkan menggunakan cairan pembersih dan spons, kemudian gunakan kain lap untuk menghilangkan sisa air sabun.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit

Untuk membersihkan jok mobil dari kulit, Anda harus menggunakan sebuah deterjen khusus. Pasalnya, perlakuan bahan kulit untuk jok dan untuk aksesoris lain seperti tas maupun jaket tergolong sama. Berikut cara-caranya.

  • Bersihkan debu-debu terlebih dahulu menggunakan vakum.

  • Usapkan deterjen khusus untuk bahan kulit ke seluruh area jok kulit setelah menggunakan vakum.

  • Keringkan sisa deterjen menggunakan kain halus.

  • Untuk finishing, gunakan bahan poles agar bahan kulit jok tampak mengkilap.

Cara Menghilangkan Jamur di Jok Mobil

Selain noda dan kotoran, permasalahan lain yang kerap muncul pada jok mobil yaitu jamur. Ciri-ciri jok yang berjamur ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna hitam atau putih. Namun jangan khawatir, berikut cara membersihkan jok mobil yang berjamur secara mudah.

  • Gunakan cairan khusus untuk menghilangkan jamur pada jok. Bisa juga menggunakan campuran sabun cuci piring dan pemutih pakaian dengan perbandingan 1:1.

  • Bersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran dengan menggunakan vakum sebelum dilap menggunakan cairan pembersih.

  • Tuangkan cairan pembersih jamur menggunakan spons ke seluruh area jok yang berjamur. Gosok sampai jamurnya menghilang.

  • Bersihkan sisa cairan pembersih dengan menggunakan kain microfiber.

Mudah sekali, bukan, cara membersihkan jok mobil? Teman DFSK dapat mencoba melakukannya sendiri di rumah. Namun, apabila keterbatasan waktu sehinggan tidak dapat melakukannya, atau khawatir merusak jok mobil premium, silakan hubungi bengkel resmi DFSK Indonesia untuk menjadwalkan pencucian kendaraan. Jadi, tunggu apalagi? Jadwalkan kunjungan Teman DFSK melalui website nya  https://www.dfskmotors.co.id/id/service-booking  dan nikmati layanan booking service online serta dapatkan berbagai promo dealer mobil DFSK  sekarang juga!

Share :
Featured Ketahui Cara Membersihkan Jok Mobil Yang Kotor Agar Makin Kinclong