Ini Dia Fungsi Kaca Film Mobil dan Cara Memilih Jenis Kaca Film yang Tepat

Ini Dia Fungsi Kaca Film Mobil dan Cara Memilih Jenis Kaca Film yang Tepat

Ini Dia Fungsi Kaca Film Mobil dan Cara Memilih Jenis Kaca Film yang Tepat

 

Banyak orang yang beranggapan bahwa kaca film mobil adalah komponen aksesoris mobil yang tidak memiliki fungsi selain fungsi estetis. Anggapan tersebut adalah anggapan yang keliru. Manfaat kaca film tidak hanya berfungsi untuk tidak bisa dilihat dari luar atau agar terlihat lebih stylish, terdapat manfaat lain yang jauh lebih penting. Apa saja manfaat dari pemasangan kaca film mobil? Yuk simak di bawah ini.

 

1.      Pelindung Sinar UV

 

Tugas dan fungsi kaca film mobil yang pertama adalah untuk mengurangi sinar matahari yang akan masuk kedalam kabin. Dimana dikatakan cahaya matahari bisa menimbulkan paparan gelombang infra merah dan ultraviolet (UV) pada kulit. Kaca film membantu mengurangi efek paparan cahaya matahari bagi penumpang mobil.

 

2.      Meningkatkan Tampilan Mobil

 

Tampil beda dan bergaya kini ikut menjadi peran penting dalam memilih kaca film. Kaca film dianggap dapat memberikan nilai eksklusif pada mobil. Kaca film juga tersedia dalam berbagai warna dan tingkat kegelapan untuk menyesuaikan dengan warna dan karakter mobil.

 

3.      Efisiensi Energi

 

Fungsi kaca film mobil yang ketiga adalah untuk memberikan efisiensi energi mobil. Kaca film dapat mengurangi cahaya matahari yang masuk ke kabin, sehingga mencegah kenaikan temperatur dalam mobil serta membantu menjaga aktifitas pendingin ruangan tidak berlebihan dan membuat mobil semakin irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

 

4.      Menjaga Privasi

 

Privasi kini menjadi unsur penting disaat Teman DFSK berkendara. Fungsi kaca film mobil adalah untuk menjaga privasi pengendara dan penumpang yang berada di dalam kabin. Dimana orang-orang di luar mobil tidak bisa leluasa melihat isi mobil maupun aktivitas penumpang di dalam mobil karena terhalang kaca film.

 

 

5.      Mengurangi Resiko Kejahatan

 

Fungsi kaca film mobil lainnya adalah untuk mengurangi risiko kejahatan, karena dapat menghalangi pandangan orang dari luar terhadap barang-barang yang berada di dalam mobil. Hal ini mempersulit orang yang berniat mengambil barang berharga di dalam mobil atau melakukan sesuatu terhadap penumpang di dalam mobil.

 

Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat

Setelah mengetahui fungsi dari kaca mobil, alangkah baiknya Teman DFSK yang baru memiliki mobil untuk memasang kaca film. Selain bisa membantu kenyamanan berkendara, pemasangan kaca film juga bisa meningkatkan keamanan. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui berapa persen kegelapan kaca film yang ideal. Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, berikut tingkat kegelapan kaca film mobil yang ideal.

 

Kaca Film Mobil Bagian Depan

Pemasangan kaca film mobil bagian kaca depan dianjurkan hanya menggunakan kegelapan 20 persen. Namun jika masih merasa 20 persen masih terlalu terang, usahakan kegelapan hanya sampai maksimal 40 persen jangan lebih. Kelebihan memakai kaca film dengan tingkat kegelapan 40 persen pada kaca depan mobil yaitu tidak akan terlalu silau ketika siang hari.

 

Namun, jika Teman DFSK termasuk orang yang sering keluar kota alangkah lebih baik menggunakan kaca film mobil dengan tingkat kegelapan 20 persen saja untuk menghindari gangguan pandangan ketika cahaya di jalan yang redup.

 

Kaca Film Mobil Pengemudi

Bila menggunakan kaca film 20 persen di depan, jangan memasang kaca film terlalu gelap di kaca samping kiri kanan pengemudi. Alasannya, tentu disaat mata kita melihat kaca depan yang terang kemudian kita melihat kaca spion dari jendela samping yang gelap, mata kita butuh waktu lama untuk menangkap bayangan di spion.

 

Jadi bila kaca depan 20 persen, maka untuk kaca samping kiri dan kanan pengemudi cukup gunakan 40 persen. Apabila kaca depan menggunakan 40 persen, maka gunakan kaca film 40 persen atau  60 persen di jendela samping ini.

Kaca Film Mobil Bagian Belakang

Untuk pemasangan kaca film mobil bagian belakang, apabila bagian spion dalam dilengkapi dengan rayben mode, maka kaca belakang bisa menggunakan 20 persen atau 40 persen, jangan lebih.

 

Namun bila belum ada mode rayben, disarankan pakai 60 persen, untuk menghindari silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita lewat spion tengah. Jangan pernah menggunakan kaca film dengan tingkatan kegelapan 80 persen, itu akan menyulitkan jika berjalan mundur khususnya di malam hari.

 

Nah, sekarang Teman DFSK sudah mengetahui bukan apa manfaat dari kaca film mobil serta bagaimana cara memilih tingkat kegelapan dari setiap kaca film yang akan dipasangkan di mobil. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Teman DFSK yang akan memasang kaca film pada mobilnya.

Share :