Mengapa Mobil SUV Banyak Diminati di Indonesia, Terutama di Jakarta

Mengapa Mobil SUV Banyak Diminati di Indonesia, Terutama di Jakarta
Tidak ada yang menyangka jika Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018 kemarin mendapuk mobil SUV Glory 580 sebagai SUV Terbaik di ajang tersebut. Pada debut pertamanya di IIMS, DFSK Glory 580 mampu menyedot perhatian pengunjung dan jadi bintang segmen SUV 7 seaters. Fakta ini tampaknya menguatkan Jual Mobil SUV Jakarta sebagai tren SUV atau sport utility vehicle, sebagai jenis mobil yang makin diminati di Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Nah timbul pertanyaan bukan, berapa harga jual suv terbaik dari DFSK ini? simak artikelnya hingga akhir ya.

Jual Mobil SUV Jakarta, Sudah Menjadi Tren Otomotif

Beberapa tahun belakangan, SUV sudah mulai menjadi tren di tengah konsumen otomotif Indonesia. Konsumen selalu antusias melirik model-model SUV yang ada di pasar, sementara produsen berlomba-lomba merilis SUV baru untuk pasar yang tengah menggeliat ini. Bisa jadi, tren SUV dunialah yang menularkan virus ini bagi konsumen dalam negeri. Dan jika dilihat tren-tren otomotif tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut adalah hal yang lumrah.
 
Dua tahun silam, KBB/Autotrader pernah mengadakan studi sehubungan dengan industri otomotif dan konsumen di Amerika. Hasilnya, dikatakan bahwa Generasi Z yang lahir tahun 1995 hingga seterusnya, kini sudah memasuki usia yang diperbolehkan hukum untuk mengendarai mobil. Nah, rupanya Generasi Z ini maunya mobil yang tangguh, bertampang garang, sehingga terlihat keren saat dikendarai.
 
Diprediksi, ke depannya nanti, tren SUV dunia akan terus bergulir. Tidak sedikit pula yang meramalkan bahwa SUV perlahan-lahan akan menyingkirkan denominasi jenis-jenis lain seperti sedan ataupun hatchback. Kalau pasar global saja sudah berkiblat ke SUV, tinggal tunggu waktu untuk pasar Indonesia sampai di titik yang sama.
 
Bahkan Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) juga telah menyatakan dukungannya untuk mengikuti tren SUV sebagai tren global. Secara resmi pun Gaikindo memastikan akan mendukung Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia untuk mempopulerkan SUV di negeri ini. Bagi Gaikindo, jika mereka mendukung tren global, tentunya akan memberikan tren positif bagi perindustrian dalam negeri.
 
Kuatnya dukungan dari Gaikindo sebenarnya bukan tanpa alasan. Salah satu harapan Gaikindo adalah perindustrian otomotif Indonesia makin berkembang dan mampu mengalahkan industri otomotif negara tetangga di kancah global. Untuk saat ini, setidaknya Indonesia ingin mengalahkan dominasi Thailand di pasar Asia-Pasifik.
 
Jika dilihat kondisi saat ini, tren mobil MPV memang masih kuat di Indonesia, namun karena pasar global kurang menyukai MPV, maka jelas berpengaruh terhadap ekspor industri mobil. Jika produsen hanya menjual ke dalam negeri saja, bagaimana industri otomotif Indonesia bisa tumbuh pesat dan memenangi persaingan global? Dari sisi inilah mengapa Gaikindo mendukung penuh tren SUV di Indonesia.
 
Gaikindo berharap, jika produsen-produsen mobil di Indonesia banyak memproduksi mobil-mobil SUV yang sedang tren di pasar global, tentu potensi untuk bersaing jadi makin besar. Kesempatan untuk ekspor mobil ke luar negeri masih terbuka lebar. Apalagi menyusul matinya pabrikan otomotif di Australia yang makin membuka lebar ekspor mobil ke Negeri Kangguru tersebut.

Jual SUV Terbaik Menciptakan Persaingan di Segmen Mobil Lain

  • SUV vs MPV
SUV yang sedang trending ini mau tidak mau mempengaruhi mobil-mobil jenis lainnya yang di pasarkan di Indonesia. Salah satu yang paling terasa adalah di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Meski MPV masih merajai penjualan di pasar otomotif Indonesia, namun peningkatan penjualan SUV terus meroket dan sangat mungkin menggantikan MPV sebagai raja pasar.
 
Alasan SUV mulai menggeser MPV di singgasana popularitas tidak terlepas dari karakter konsumen Indonesia itu sendiri. Konsumen dalam negeri suka dengan mobile berpenumpang banyak dan tangguh. Berpenumpang banyak untuk bisa mengangkut seluruh keluarga, tangguh untuk menghadapi segala medan di jalanan Indonesia.
 
Bisa ditebak, Selain karena mobil MPV Murah, kebutuhan akan mobil berpenumpang banyak inilah yang menjadi alasan mengapa MPV bisa merajai penjualan mobil saat ini. Tapi kini sudah mulai muncul SUV 7 seaters yang juga bisa menjawab kebutuhan tersebut. Ditambah dengan ketangguhan SUV yang melebihi MPV, sudah cukup untuk menggeser tren MPV ke SUV.
  • SUV vs Sedan
Naiknya popularitas SUV juga meninggalkan sedan di belakang. Riset dari IHS Markit di tahun 2017 menunjukkan bahwa loyalitas pemilik kendaraan SUV semakin naik, sementara untuk sedan makin turun. Walaupun tidak hilang sama sekali, namun sudah bisa dipastikan jika sedan pun makin melesu.
 
Bisa jadi, ini juga terpengaruh oleh pertumbuhan kalangan ekonomi menengah yang makin meningkat di Indonesia. Bagi kalangan menengah, untuk membeli mobil sedan, rasanya tanggung jika membeli sedan kelas menengah, apalagi di segmen low sedan. Kalau mau menghabiskan uang untuk sedan kelas atas, rasanya juga tidak bijak.
 
SUV memberikan tawaran yang lebih baik untuk konsumen yang punya pertimbangan tersebut saat urung membeli sedan. Jika budget mepet, ada low SUV yang tetap menghadirkan kesan tangguh dan tidak murahan. Bagi kelas ekonomi menengah, SUV segmen ini masuk kategori value for money.

Harga Jual Mobil SUV Jakarta 

Lantas apa saja sih SUV-SUV terjangkau yang saat ini tengah populer di Indonesia? Apalagi jika Anda sedang mengincar SUV, ada baiknya mempertimbangkan SUV terbaik Jakarta. Mengapa Jakarta? Karena sebagai pusat perekonomian sekaligus pusat otomotif Indonesia, mobil SUV Jakarta jadi patokan sebelum daerah lain merasakannya. Nah, cara terbaik mendapatkan gambaran SUV yang sedang tren dan populer adalah dengan melihat mobil SUV terjangkau apa saja yang ada di ajang otomotif paling bergengsi di Indonesia, yaitu IIMS 2018. Berikut beberapa highlights harga Jual SUV Terbaik saat ini:
  • Honda BR-V 2018
Desain BR-V 2018 ini tidak terlalu berbeda dengan seri sebelumnya, hanya kini hadir facelift baru yang membuatnya terlihat makin sporty dan makin diidamkan penggemar SUV. Di balik itu, Anda bisa merasakan keunggulan di sisi dapur pacu mobil ini. Dengan 6 kecepatan di versi manual dan CVT untuk versi matiknya, BR-V 2018 mampu menghasilkan tenaga hingga 120 PS. Harga Honda BR-V 2018 di pasaran berkisar mulai dari Rp 233 juta hingga 268 juta.
  • Suzuki SX4 S-Cross 2018
Setelah setahun berkeliaran di pasar global, tahun 2018 ini barulah Suzuki SX4 S-Cross dengan facelift terbarunya hadir di Indonesia. Eksterior baru yang apik dan segar ini adalah andalan yang diusung Suzuki untuk bersaing dengan low SUV lainnya. Sementara untuk dapur pacu, tidak ada perubahan sama sekali. Lewat mesin M15A milik Suzuki ini, Anda mendapatkan tenaga maksimum 109 PS di 6.000 rpm dengan girboks manual 5 percepatan dan 6 percepatan untuk yang versi matic. Harganya, dipatok mulai dari Rp 256 juta hingga 285 juta.
  • Daihatsu All New Terios
Hadir dengan pembaruan di sisi eksterior dan interior, Daihatsu All New Terios seperti memenuhi harapan pecinta Terios sejak generasi sebelumnya. Dengan tingkat kenyamanan yang lebih baik dan dilengkapi fitu-fitur terbaru seperti Around View Camera baru yang menemani rear view camera. Sistem dapur pacu sebenarnya biasa saja, hanya sanggup mencapai tenaga maksimum 104 PS di 6.000 rpm. Namun dengan dibanderol harga Rp 195 juta hingga Rp 227 juta, rasanya masih worth it, kok! Apalagi sebagai kembaran Toyota All New Rush, Terios bisa jadi pilihan hemat untuk merasakan keunggulan SUV hasil kerjasama Daihatsu dan Toyota ini.
  •  Toyota All New Rush
Didesain berbarengan dengan All New Terios membuat All New Rush punya desain yang ganteng seperti saudaranya. Aura maskulin memang terkesan berkurang, namun tambah manis untuk petualangan keluarga. Toyota kini membuat SUV ini memiliki kapasitas 7 penumpang, muat untuk seluruh keluarga. Menghilangnya ban belakang di bagian belakang juga jadi nilai plus buat konsumen yang suka desain modern minimalis. Mesin baru 2NR-VE dengan dual VVT-i milik Rush mampu menghasilkan tenaga hingga 104 PS. Harga Toyota All new Rush di pasaran berkisar mulai dari Rp 233 juta hingga 268 juta.
  • Chevrolet Trax
Diluncurkan dengan varian warna baru dan fitur lengkap plus sunroof khas mobil berkelas, Chevrolet Trax dianggap punya nilai lebih di pasaran. Dengan harga sekitar Rp 286 juta hingga Rp 314 juta OTR, Anda mendapatkan SUV dengan tenaga maksimun 140 PS pada putaran 6.000 rpm lewat mesin 1.4 L ECOTEC Turbocharged.  Anda juga akan dibuat terkesima dengan interiornya, sebab dengan adanya pembaruan yang segar di versi 2018 ini, kabin yang luas lengkap dengan kemudi teleskopik jadi tambahan apik untuk kenyamanan berkendara Anda.
 
  • DFSK Glory 580
DFSK Glory 580 memulai debutnya di Indonesia lewat IIMS 2018 lalu. Menyasar segmen medium SUV 7 seaters, mobil ini tidak bisa dibilang murahan meski harga DFSK lebih terjangkau dari SUV sekelas. Baik dari segi desain maupun dapur pacu dan fitur, SUV 7 seaters ini sudah bisa dibilang lengkap! Bahkan pada varian tertinggi yang dirilis selama IIMS 2018 kemarin, tersedia fitur-fitur baru dan canggih yang biasanya hanya Anda temukan di mobil-mobil kelas premium.
 
Sebut saja fitur macam tire pressure monitoring system, vehicle running recorder, smartkey, dan electric sunroof; jelas sulit untuk Anda dapatkan di SUV kelas medium lainnya. Desain yang modern dengan eksterior dan interior berkesan mewah juga disematkan untuk meningkatkan daya tarik Glory 580. Audio system pun sudah dilengkapi dengan LCD touchscreen yang sudah bisa menggunakan koneksi internet.
 
Sisi dapur pacu pun tidak mengecewakan untuk ukuran medium SUV. Mesin 1.5 L turbocharged dengan teknologi CVT dibenamkan untuk menghasilkan tenaga hingga 150 PS! Tentu ini adalah kabar yang menggembirakan mengingat harga jual suv terbaik tersebut hanya pada kisaran harga Rp 245 juta hingga Rp 308 juta saja untuk sebuah mobil medium SUV 7 seaters.
 
Apalagi dewasa ini, otomotif pabrikan Cina tengah membuktikan pada dunia bahwa produksi mereka tidak bisa diremehkan seperti dulu. Kualitas telah jadi standar utama produk-produk Cina yang diekspor ke luar negeri, maupun dibuat di luar negeri demi strategi penekanan biaya produksi.


Harga jual mobil SUV Jakarta memang mahal, tapi itu sepadan dengan apa yang bakal Anda dapatkan. Meskipun demikian, jika Anda punya budget terbatas, pilihan terbaik mungkin adalah DFSK Glory 580, SUV Terbaik di IIMS 2018 kemarin. Harga jual SUV terbaik tersebut tidak setinggi SUV lainnya, malah bisa dibilang lumayan terjangkau, lho!
 


Sumber:

https://autonetmagz.com/ford-tren-suv-meledak-gara-gara-konsumen-generasi-z/68667/
https://industri.kontan.co.id/news/tren-permintaan-mobil-suv-di-indonesia-meningkat-pesat
https://otomotif.kompas.com/read/2018/03/02/142500715/tren-mobil-geser-dari-mpv-ke-suv
https://www.liputan6.com/otomotif/read/3027199/riset-suv-menjadi-tren-sedan-mulai-ditinggal
https://www.mobil123.com/berita/gaikindo-dukung-tren-suv-di-indonesia/47469
https://news.okezone.com/read/2017/03/01/15/1631718/tren-mobil-suv-gempur-pasar-automotif-indonesia
https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/762574-tren-mobil-suv-hanya-sesaat-saja

Diakses pada: 1 Juni 2018
 
Share :
Featured Jual Mobil SUV Jakarta, DFSK Jual SUV Terbaik